Penerjemahan Abstrak suatu Tulisan Ilmiah

contoh testimoni terjemahan abstrak

contoh testimoni terjemahan abstrak

Ada beberapa penjelasan tentang apa yang sebenarnya yang disebut abstrak. Salah satu pengertian yang umum adalah bahwa abstrak adalah rangkuman dari isi suatu tulisan namun dalam format singkat namun harus benar, tepat dan jelas sesuai dengan isi dokumen tersebut. Pengertian lain, abstrak yaitu ringkasan lengkap atau penjelasan keseluruhan dari isi suatu artikel ilmiah yang terletak di awal suatu artikel ilmiah. Jadi secara garis besar, abstrak adalah sebuah tulisan yang berisi synopsis tentang suatu tulisan ilmiah yang berada di awal suatu tulisan ilmiah.

Penulisan abstrak juga sangat perlu diperhatikan. Hal tersebut sangat penting mengingat abstrak salah satunya berguna untuk menarik minat pembaca seluruh isi tulisan ilmiah tersebut, jadi dengan kata lain dibaca atau tidaknya sebuah tulisan ilmiah sedikit banyak bergantung pada abstraknya. Jika abstrak tersebut mampu menarik minat pembaca, maka kurang lebih abstrak itusudah cukup baik. Lalu sebenarnya apa saja sifat-sifat dari sebuah tulisan abstrak? Ada beberapa sifat abstrak, yang pertama adalah ringkas, hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami garis besar dari suatu tulisan ilmiah. Yang kedua adalah jelas, maka dari itu bahasa yang digunakan pun diharap bisa sejelas mungkin dan tidak bertele-tele. Selanjutnya adalah tepat, jelas hal ini harus ada dalam abstrak, abstrak yang ditulis harus sesuai dengan tulisan ilmiah tersebut. Dan yang terakhir adalah obyektif.

Abstrak idealnya bersifat informatif dan deskriptif, artinya setiap informasi yang terkandung pada abstrak tersebut harus berdasarkan fakta dan sesuai dengan tulisan ilmiahnya.Sangat tidak dianjurkan untuk mencantumkan informasi yang tidak ada faktanya yang jelas ataupun hanya berupa opini individu dalam pada suatu abstrak. Abstrak yang baik seyogyanya mengandung empat unsure, yang pertama adalah argumentasi logis, yaitu perlunya dilakukan observasi atau penelitian untuk memecahkan masalah, kedua yaitu pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah (metode), yang ketiga adalah hasil yang dicapai dalam penelitian serta yang terakhir adalah kesimpulan yang diperoleh. Setiap unsur hendaknya disampaikan dalam kalimat yang singkat dan jelas, dengan demikian keseluruhan abstrak menjadi tidak terlalu panjan dan mudah dibaca.

Abstrak dalam bahasa Inggris bisa dikatakan adalah suatu hal yang mutlak harus ada karena hal itu sebagai persyaratan. Baik itu untuk skripsi maupun jurnal ilmiah, abstrak harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Banyak dari peneliti-peneliti di Indonesia yang kurang fasih ber-bahasa Inggris, maka banyak dari mereka yang memilih menggunakan jasa penerjemah atau jasa translate yang sudah teruji kualitasnya. Di kota Yogyakarta ini, quantumcom adalah salah satu lembaga yang menjual jasa terjemah/translate baik dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Dengan memekerjakan penerjema-penerjemah/translators yang sudah professional dan teruji kinerjanya, Anda tidak perlu ragu-ragu untuk menggunakan jasa quantumcom.

Silakan dikirim dokumen / naskah yang ingin diterjemahkan melalui email, tim penerjemah profesional atau staff kami akan langsung merespon setiap email yang masuk. Kami berpengalaman dalam melayani jasa terjemahan abstrak, terjemahan umum maupun terjemahan resmi tersumpah

Email kami adalah
cs@translatortersumpah.com atau
quantumkarmal@gmail.com

 

Quantum Group (CV Multi Jasa Quantum)
Karang Malang A10AB
Yogyakarta 55281
Tlp 0274-564519 (kantor)
Tlp 0818-200-450 (XL)
Tlp 0812-150-78-666 (Simpati)